9 Tips Agar Terhindar dari Kecelakaan di Jalan Tol

Berkendara di jalan tol atau jalan bebas hambatan jelas memerlukan tingkat konsentrasi tinggi dan ketertiban yang sangat baik dari pengendara. Selain itu, para pengendara juga dituntut memiliki pemahaman yang baik terhadap berbagai aspek mulai dari rambu lalu lintas, cuaca hingga kondisi jalanan.

Tentu hal itu tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, sudah tak terhitung lagi jumlah insiden kecelakaan fatal yang terjadi di jalan tol, seperti yang baru-baru ini dialami oleh selebritis Vanessa Angel dan sang suami, Febri Ardiansyah di Tol Jombang-Mojokerto.

Berikut ini beberapa tips berkendara dengan aman di jalan tol menurut sejumlah pakar otomotif.

1. Cek Fisik Kendaraan Secara Rutin

Tidak jarang kecelakaan fatal berawal dari adanya kerusakan pada kendaraan, seperti rem blong atau kerusakan mesin lain. Untuk menghindari hal tersebut, maka pengendara wajib memantau kondisi kendaraan secara rutin, khususnya sebelum melakukan perjalanan jauh. Beberapa bagian mobil yang perlu dicek diantaranya tekanan angin pada ban, oli mesin, rem, dan radiator mesin.

2. Jaga Jarak Aman

Menjaga jarak aman dengan mobil atau kendaraan lain sangatlah penting, terlebih saat berada di jalan tol dengan kecepatan diatas 60 km/jam. Dengan menjaga jarak dengan mobil di depan, pengendara akan memiliki waktu yang cukup untuk menghindar jika mobil di depan berhenti mendadak.

3. Perhatikan Lajur Kendaraan

Gunakan lajur paling kanan hanya untuk mendahului dan selalu gunakan lampu sein untuk berpindah lajur. Hindari gerakan memotong lintasan kendaraan lain karena itu sangat berbahaya.

4. Patuhi Batas Kecepatan

Batas kecepatan minimum di jalan tol adalah 60 km/jam dan batas maksimum kecepatannya 80 km/jam. Semakin tinggi kecepatan, mobil akan cenderung lebih sulit untuk dikendalikan. Selain itu, ada baiknya jika pengendara menyalakan lampu kecil saat hujan dan mengurangi kecepatan. Melaju dengan kecepatan tinggi pada jalan yang basah bisa memicu terjadinya aquaplaning, yaitu sebuah kondisi dimana ban kehilangan daya cengkeram terhadap aspal atau permukaan jalan karena terhalang lapisan air.

5. Istirahat

Berkendara di jalan tol selama berjam-jam tentunya akan membuat pengendara merasa bosan, lelah atau mengantuk. Jika konsentrasi pengendara mulai menurun, sebaiknya segera cari rest area untuk beristirahat atau melakukan peregangan.

6. Jangan Buang Benda Apapun di Jalan Tol.

Membuang sampah atau benda apapun di jalan tol dapat membahayakan pengguna jalan lain. Sediakan tempat penyimpanan sampah di dalam mobil, dan buanglah sampah di rest area.

7. Jangan Singkirkan Benda di Jalan To

Menyingkirkan benda di jalan tol seorang diri jelas sangat berbahaya. Jika anda melihat benda-benda yang tidak seharusnya berada di sepanjang jalan tol segera hubungi pihak petugas jalan tol.

8. Perhatikan Rambu-rambu

Perhatikan rambu-rambu yang ada di sepanjang jalan tol. Rambu-rambu tersebut dipasang untuk menyediakan informasi penting bagi pengendara, seperti rambu penunjuk rest area, batas kecepatan, hingga tanda adanya pekerjaan di jalan tol.

9. Jangan Berkendara di Bahu Jalan

Bahu jalan hanya digunakan untuk kendaraan yang berhenti karena kondisi darurat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Toyota GR Yaris Sudah Mulai Dikirim ke Pemesan

Mobil Pajero Sport Vanessa Angel Punya Fitur Keselamatan 7 Air Bag

Perbedaan All New Honda BR-V dengan BR-V Generasi Pertama