MPV Harga Ekonomis, Daihatsu Sigra Layak Dibeli?

Daihatsu Sigra merupakan Entry Level MPV (Multi Purpose Vehicle) di Indonesia yang ditujukan untuk segmentasi mobil Rp 100 jutaan. Memiliki total 10 varian, mobil ini dibanderol mulai dari Rp 118 jutaan hingga Rp 161 jutaan. Sementara khusus untuk varian transmisi automatic, harga Daihatsu Sigra berada di kisaran Rp 152 juta hingga Rp 161 juta.



Meski harga yang ditawarkan tergolong sangat murah, bukan berati Daihatsu Sigra tak layak untuk dipinang. Terlebih, pada akhir 2019 lalu mobil ini sudah mendapatkan sejumlah peremajaan yang membuat tampilannya menjadi lebih segar.

Berikut ini beberapa diantara kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra.

Kelebihan

1. Fitur Keselamatan Lengkap

Meskipun dibanderol dengan harga yang terbilang sangat murah untuk pasar Tanah Air, tapi Daihatsu Sigra ternyata memiliki fitur keselamatan yang lengkap, diantaranya rem ABS (Anti-lock Brake System) yang dilengkapi dengan Fitur EBD (Electronic Brake Force Distribution), dual SRS Airbag di bagian depan, sensor parkir depan & belakang hingga kamera parkir.

2. Ringkas dan Praktis

Berdimensi panjang 4070 mm x lebar 1655 mm x tinggi 1600 mm, Daihatsu Sigra jelas merupakan sebuah mobil yang ringkas. Namun ruang kabin di bagian depan dan baris kedua mobil ini cukup lega. Namun, kursi baris ketiga cukup sempit jika diduduki oleh penumpang dewasa.

Meski tidak dibekali dengan AC double blower, namun Daihatsu cukup cerdik dengan menambahkan fitur rear air circulation dimana sebagian udara dingin yang dihembuskan oleh AC dari bagian depan akan dialirkan ke bagian belakang secara merata.

3. Mesin Irit

Daihatsu Sigra adalah satu dari segelintir 7-seater LCGC (Low Cost Green Car) yang menyediakan pilihan mesin 1.000 cc di Indonesia. Mesin berkapasitas mini ini jelas irit bahan bakar. Meski tenaga yang dihasilkannya tidak akan besar. Tapi mesin itu sudah cukup untuk pemakaian di dalam kota.

4. Sistem Multimedia Layar Sentuh

Terdapat sistem multimedia layar sentuh yang bisa disambungkan dengan smartphone melalui bluetooth. Selain itu, sistem multimedia tersebut juga dilengkapi dengan slot USB.

Kekurangan

1. Minim Fitur

Dengan harga yang cukup murah tentu saja membuat fitur yang ditawarkan menjadi lebih terbatas. Namun, setidaknya fitur standar mobil murah lain sudah ada di dalam mobil ini.

 

Beberapa fitur yang kurang dari mobil ini antara lain: power outlet yang hanya terdapat pada bagian dashboard depan, tidak ada tombol pengatur audio pada kemudi, dan panel AC yang belum digital.

2. Kualitas Material Terkesan Murahan

Mobil ini memiliki lapisan plat body yang tipis. Selain itu, bagian kabin juga dibalut dengan material plastik tipis yang terasa kasar.

3. Head Rest Menyatu dengan Jok Kursi

Kekurangan selanjutnya adalah sandaran kepala yang menyatu dengan bagian jok. Head rest ini juga tidak bisa diatur.

4. Suspensi Amblas

Kaki-kaki pada Daihatsu Sigra terasa kurang rigid dan akan amblas jika terisi 7 penumpang dewasa. Namun, sisi baiknya adalah dengan semua kursi penumpang terisi penuh, mobil tidak terlalu limbung saat melibas tikungan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Toyota GR Yaris Sudah Mulai Dikirim ke Pemesan

Mobil Pajero Sport Vanessa Angel Punya Fitur Keselamatan 7 Air Bag

Perbedaan All New Honda BR-V dengan BR-V Generasi Pertama