Perbedaan All New Honda BR-V dengan BR-V Generasi Pertama

 

Honda BR-V generasi kedua akan dipasarkan pada 2022 mendatang. Mobil ini digadang-gadang mampu membuat sebuah gebrakan melalui sejumlah penambahan fitur dan ubahan yang signifikan. Hal tersebut dilakukan oleh Honda untuk menjawab keinginan konsumen Indonesia yang menginginkan sebuah Low SUV dengan segudang fitur dan berpenampilan lebih jantan.

Dengan ubahan yang signifikan dibanding generasi pertama, tak heran jika Honda Prospect Motor menyebutnya sebagai all new Honda BR-V. Lalu apa saja yang berbeda dari versi BR-V generasi pertama? Berikut beberapa diantaranya.

1. Honda BR-V 2022 Pakai Platform Baru

Jika Honda BR-V generasi pertama menggunakan platform yang sama persis dengan Honda Mobilio, sehingga belum layak untuk disebut Low SUV, maka hal itu tidak berlaku bagi Honda BR-V generasi kedua ini. Honda tampaknya serius membuatnya sebagai real Low SUV.

Sayangnya, pihak Honda sejauh ini belum menjelaskan secara rinci soal konsep platform baru yang akan diusung oleh BR-V tersebut.

2. Mesin Baru Seperti Honda City Hatchback RS

Selain platform, All New Honda BR-V juga akan menggunakan mesin yang berbeda dari generasi sebelumnya meski kapasitas mesin masih sama 1.500 cc. Salah satu pembeda adalah generasi kedua BR-V ini menggunakan Double Over Head Camshaft (DOHC), bukan SOHC lagi. Profil mesinnya juga sama seperti Honda City Hatchback RS.

Mesin baru tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm di 4.300 rpm. Nantinya, BR-V generasi kedua ini hadir dengan dua opsi transmisi, yakni manual 6-percepatan atau CVT.

Honda juga mengklaim jika mesin baru ini lebih hemat bahan bakarnya dibanding mesin BR-V generasi pertama. Pasalnya, torsi maksimum bisa dicapai pada putaran mesin yang relatif rendah, sehingga pengendara tak perlu menginjak pedal gas terlalu dalam untuk berakselerasi.

3. Interior Lebih Mewah

Jika dibandingkan dengan interior BR-V generasi pertama yang mirip dengan Mobilio, Interior All New BR-V ini jauh terlihat lebih mewah dan elegan. Hal ini dikarenakan pemilihan warna hitam yang mendominasi ruang kabin, mulai dari dashboard, jok, hingga material pelapis lainnya


Head unit All New BR-V juga sudah menggunakan layar sentuh yang bisa dihubungkan dengan smartphone. Selain itu, ada juga pengaturan AC digital, dan multi information display baru. Kursi depan menggunakan desain ala bucket, sehingga bisa menopang bagian samping tubuh dengan lebih sempurna.

4. Fitur Baru

Agar mampu bersaing secara kompetitif dengan sejumlah kompetitor, All New BR-V juga dibekali dengan sejumlah fitur baru, diantaranya remote engine yang memungkinkan pengguna menghidupkan mesin hanya dengan menekan tombol di remote, kemudian ada walk away auto lock, hingga Honda LaneWatch.

Honda BR-V 2022 juga dilengkapi fitur keselamatan Honda Sensing. Fitur-fitur keselamatan ini tentunya tak ditemui pada Toyota Rush, Suzuki XL7, atau Mitsubishi Xpander Cross. Bahkan, klaster fitur ini lebih lengkap dibanding dengan Honda CR-V. Fitur Honda Sensing itu sendiri diantaranya:

- Adaptive Cruise Control
- Lane Keep Assist System
- Road Departure Mitigation
- Collision Mitigation Brake System
- Auto High Beam
- Lead-Car Departure Notification.

5. Dimensi Lebih Besar

Penggunaan platform dan desain eksterior yang baru membuat dimensi All New BR-V ikut membengkak dengan panjang 4.490 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.685 mm, dan wheelbase 2.700 mm. Angka itu sedikit lebih besar dibanding dengan generasi pertama yang memiliki panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.666 mm, dan jarak sumbu roda 2.662 mm.

Untuk ground clearance, All New BR-V memiliki ketinggian kolong 220 mm, 19mm lebih tinggi dibanding dengan generasi pertama atau sama dengan ground clearance Toyota Rush. Selain platform baru, beda ketinggian kolong ini kemungkinan juga disebabkan oleh penggunaan desain velg baru pada All New Honda BR-V. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Toyota GR Yaris Sudah Mulai Dikirim ke Pemesan

Mobil Pajero Sport Vanessa Angel Punya Fitur Keselamatan 7 Air Bag