Komponen Mobil yang Harus Dicek Sebelum Perjalanan Luar Kota



Semakin mudahnya akses lintas daerah dengan pembangunan jalan tol membuat masyarakat cenderung memilih bepergian menggunakan kendaraan pribadi daripada transportasi umum. Namun, melakukan perjalanan jauh melalui tol bukannya tanpa tantangan, mengingat tidak sedikit kasus kecelakaan fatal yang terjadi di jalan bebas hambatan tersebut, baik yang disebabkan oleh human error maupun kendala teknis.

Untuk itu, baik pengemudi maupun kendaraan harus dalam kondisi prima. Berikut beberapa komponen yang perlu mendapat perhatian lebih sebelum mobil digunakan untuk perjalanan jauh.

1. BBM

Komponen pertama yang perlu diperiksa adalah bagian bahan bakar dan oli mesin. Terkait bahan bakar, pengemudi wajib memeriksa bagian selang dan filter bahan bakar. Pastikan tidak ada keretakan atau kebocoran pada bagian selang dan periksa juga apakah filter bahan bakar masih bersih. Filter yang kotor akan membuat aliran bahan bakar tersumbat dan tidak lancar.

2. Oli

Selanjutnya, cek juga oli mesin dan pastikan volumenya tidak kurang. Untuk memeriksa volume oli mesin, anda bisa menggunakan stik oli. Jumlah volume oli yang dianjurkan adalah diatas garis L dan sedikit dibawah garis F. Bagian oli mesin ini juga perlu diganti secara rutin, baik setiap enam bulan sekali atau setiap 10 ribu kilometer.

Baca Juga: Berikut Penyebab Turbocharger Cepat Rusak

3. Aki

Komponen selanjutnya yang perlu diperiksa adalah bagian aki. Pastikan baut kutub aki tetap bersih dan tidak ada kerak yang menempel. Anda juga wajib memeriksa volume air aki. Aki berfungsi sebagai sumber kelistrikan di mobil.

4. Oli Rem

Selanjutnya, periksa juga oli atau minyak rem. Pastikan tidak ada kebocoran yang terjadi, baik pada bagian selang ataupun master rem. Sehingga, rem tetap dapat berfungsi dengan baik.

5. Ban dan Lampu

Ban merupakan salah satu komponen terpenting dari sebuah mobil. Sebelum melakukan perjalanan jauh keluar kota, periksa tekanan ban, ketebalan hingga alur atau kembangan ban. Kondisi ban yang kurang sempurna jelas akan sangat berbahaya bagi keselamatan. Selain ban, pengemudi juga wajib memeriksa bagian lampu karena selain sebagai sumber penerangan di malam hari, lampu juga berfungsi sebagai tanda sehingga pengguna jalan lain mengetahui keberadaan kita.

6. Wiper

Komponen terakhir yang perlu anda periksa adalah bagian wiper. Bagian ini sangat berguna saat berkendara di waktu hujan karena dapat membantu memberikan visibilitas bagi pengemudi. Selain memeriksa apakah komponen ini masih berfungsi, pengemudi juga wajib melakukan pengecekan pada bagian karet wiper dan air wiper yang tersimpan di bawah kap mobil. Karet wiper yang sudah keras membuat air yang menghujani bagian kaca depan tidak dapat tersapu dengan optimal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Toyota Agya: Ekterior, Interior, Spek dan Harga

Update Harga Honda City Hatchback November 2021

Perbedaan SUV dan MPV, Apa Bedanya?