Deretan Mobil yang Discontinued Sepanjang Tahun 2021

Pasang-surut dalam dunia industri merupakan hal yang wajar terjadi, ta terkecuali dengan industri mobil di Tanah Air. Meski secara kese;uruhan penjualan mobil di Indonesia mulai pulih setelah dihantam badai Covid-19, namun beberapa mobil justru harus disuntik mati sepanjang tahun 2021 kemarin. Alasan utamanya adalah karena menurunnya performa penjualan, seiring dengan permintaan dan kebutuhan konsumen yang semakin beragam. Berikut beberapa mobil yang dihentikan produksinya sepanjang 2021 kemarin.

1. Honda

PT Honda Prospect Motor diketahui sudah menghentikan produksi 3 model mobil sepanjang tahun 2021 kemarin, yakni Honda Jazz, Honda Civic RS Hatchback dan Honda Odyssey. Sayangnya, hanya dua dari tiga mobil tersebut yang mendapat pengganti. Peran Honda Jazz yang bermain di kelas hatchback digantikan oleh Honda City Hatchback, sementara Honda Civic RS Hatchback digantikan dengan model Civic RS versi sedan. Namun, Honda sejauh ini masih belum berencana untuk kembali mengeluarkan sebuah mobil sedan bersasis panjang untuk meneruskan peran Odyssey.

2. Suzuki

Karimun merupakan salah satu ujung tombak penjualan mobil Suzuki di Indonesia sejak diperkenalkan pada 1998 silam. Mobil dengan desain kotak berkapasitas mesin 970 cc ini tercatat memiliki sejumlah varian, yakni Karimun, Karimun Estilo dan Karimun Wagon R.

BACA JUGA: Cara Membersihkan Interior Mobil, Ternyata Nggak Susah!

3. Isuzu

Isuzu memutuskan untuk menyuntik mati MPV andalan mereka, yakni Isuzu Panther pada 2021 kemarin. Keputusan tersebut diambil karena varian tersebut terkendala regulasi emisi gas buang, Euro 4. Mobil "Rajanya Diesel" tersebut sudah mengaspal di Indonesia sejak 1991 dan secara keseluruhan sudah menghasilkan empat generasi.

4. Mitsubishi

Mitsubishi juga terpaksa menyuntik mati salah satu medium SUV-nya Outlander Sport. Alasannya adalah karena penjualan model ini dirasa kurang impresif. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia selaku agen pemegang merk pabrikan berlogo tiga berlian di Indonesia tercatat sudah sempat melakukan facelift atau penyegaran terhadap Outlander Sport pada 2014 lalu, atau dua tahun setelah model tersebut menjalani debut di Indonesia.


5. Nissan

Pabrikan selanjutnya yang juga melakukan penghentian produksi terhadap mobil buatannya pada tahun 2021 kemarin adalah Nissan. Nissan memutuskan untuk menyuntik mati model SUV-nya, Nissan Terra pada Februari karena penjualan mobil tersebut tidak memuaskan. Mobil tersebut kalah bersaing dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan Honda Mobilio yang Tidak Bisa Dipandang Sebelah Mata

Perbedaan SUV dan MPV, Apa Bedanya?

Tips Memilih Suzuki Jimny Lawas