Jenis Bahan Bakar yang Tidak Merusak Mesin Mobil


Sebagai pemilik atau pun pengguna kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat, sangat penting untuk memahami jenis bahan bakar minyak yang digunakan, khususnya untuk bahan bakar bensin. Mengingat kualitas bensin sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin dan durabilitas komponen. 

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan penggunaan BBM yang sesuai dengan research octane number (RON) akan menghasilkan pembakaran yang optimal di dalam ruang mesin. Berikut ini beberapa urutan kualitas bahan bakar bensin.

1. Bahan Bakar Oktan 90

Bensin dengan nilai oktan 90 ini cukup baik digunakan pada kendaraan yang memiliki rasio kompresi mesin 9:1 hingga 10:1. Di Indonesia, jenis bahan bakar ini disebut Pertalite.

2. Bahan Bakar Oktan 92

Dengan nilai oktan yang lebih tinggi, maka kualitas jenis ini lebih baik dibandingkan bensin oktan 90, karena pembakaran menjadi lebih sempurna. Di Indonesia, bensin dengan nilai oktan 92 biasa disebut Pertamax, dan disarankan untuk digunakan pada kendaraan dengan rasio kompresi mesin 10:1 atau 11:1, atau pada mobil-mobil MPV keluaran terbaru seperti Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, dsb.
 

3. Bahan Bakar Oktan 95

BBM jenis ini, atau sekelas dengan Pertamax Plus, bisa digunakan pada kendaraan dengan rasio kompresi mesin yang lebih tinggi, yakni 11:1 hingga 12:1. Bensin jenis ini mampu mengurangi residu atau sisa-sisa pembakaran dengan lebih efektif. Sehingga kinerja mesin menjadi lebih optimal. Selain itu, bensin jenis ini juga dapat meningkatkan durabilitas atau keawetan komponen mesin. Tak heran jika bensin ini dijual dengan harga yang lebih tinggi.

4. Bahan Bakar Oktan 98

Bahan bakar dengan nilai oktan 98 atau setara dengan Pertamax Turbo, merupakan jenis bahan bakar terbaik. Bensin ini sangat direkomendasikan untuk mobil-mobil dengan rasio kompresi mesin yang sangat tinggi, diatas 12:1. Sebaliknya, jika digunakan pada mesin yang rasio kompresinya rendah, maka pembakaran menjadi tidak sempurna dan justru meninggalkan residu sehingga konsumsi BBM menjadi boros.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan Honda Mobilio yang Tidak Bisa Dipandang Sebelah Mata

Perbedaan SUV dan MPV, Apa Bedanya?

Tips Memilih Suzuki Jimny Lawas