Perbedaan SUV dan MPV, Apa Bedanya?

 Dunia otomotif makin ramai dengan kehadiran beragam tipe mobil terkini, seperti SUV dan MPV. Ke-2  tipe mobil itu sedang ngetren di kelompok pencinta otomotif. Tetapi, ada banyak yang belum mengetahui apakah bedanya mobil SUV dengan mobil MPV.


Sepintas, untuk yang tidak pahami dunia otomotif, ke-2  tipe mobil itu memang disangka sama. Walau sebenarnya ada ketidaksamaan besar antara ke-2  tipe mobil itu. Apa ketidaksamaan di antara ke-2  tipe mobil itu, akan diulas pada tulisan berikut ini.


Mengenali Sepintas Mengenai Mobil SUV Dan MPV



Saat sebelum mengulas lebih jauh mengenai ketidaksamaan yang ada di antara ke-2  tipe mobil itu, sebaiknya lebih dulu mengenali mengenai ke-2  mobil ini. Karena pada realitanya, banyak yang belum ketahui ini.


SUV ialah ringkasan dari Sport Utility Vehicle. Sesuai namanya, SUV ialah terhitung tipe mobil sport. Dengan begitu, baik dari body mobil, kemampuan, dan kemampuan mesin disamakan dengan keperluan sebagai mobil sport.



Sudah diketahui, tipe mobil sport beberapa biasanya dibuat dengan perancangan yang kuat, kuat, dan dapat untuk semua medan. Karena direncanakan untuk semua medan, karena itu dimulai dari body mobil, ban dan kemampuan mesin ada di atas tipe biasa.


Sementara, mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) ialah tipe mobil yang direncanakan sebagai mobil keluarga. Sebagai kendaraan keluarga, MPV mempunyai body yang tidak segarang mobil sport. Design dan kemampuan mesinnya disamakan dengan keperluan sebagai mobil keluarga.


Ketidaksamaan SUV dengan MPV

Bicara mengenai ketidaksamaan SUV dengan MPV, pasti banyak diketemukan. Karena seperti telah disentil pada awal, ke-2  tipe mobil ini direncanakan dengan keperluan yang lain, yakni sebagai mobil sport dan yang lain sebagai mobil keluarga.


Dengan ke-2  perancangan yang lain, tentu saja bisa banyak diketemukan ketidaksamaan yang disamakan dengan arah dari pembikinan tipe mobil itu. Apa ketidaksamaan di antara mobil sejenis SUV dengan MPV? Berikut akan dikupas satu-satu dalam pembahasan di bawah.


1. Body Mobil

Ketidaksamaan langsung dapat disaksikan dari ke-2  tipe mobil itu ialah dari body mobil. Bisa disaksikan langsung jika perancangan di antara body sport dan yang dipakai sebagai kendaraan keluarga, pasti jelas sudah berlainan. Karena peranan dari ke-2  mobil berlainan.


Disaksikan dari body mobil, SUV mempunyai body yang kuat dan sangar, baik sisi luar atau dalamnya. Ini karena SUV memang direncanakan sebagai mobil sport yang pas untuk semua medan. Baik di jalan lembut atau curam dan terjal.


Mobil ini mempunyai grand clearance atau tinggi di atas 200 mm. Dengan ban besar dan tebal dan pelek minimum 15 inchi. Kontur ban dibikin dengan jalur kotak-kotak, hingga mobil yang digunakan tidak mudah terpeleset di medan atau jalan yang licin.


Dan mobil MPV, karena direncanakan sebagai kendaraan keluarga, karena itu bodynya tidak setangguh dan segahar SUV. Kebalikannya, body SUV condong direncanakan dengan design yang elok, imut, dan menawan, hingga benar-benar cocok dikemudikan dengan keluarga.


Ketinggian dari mobil ini juga cuman sekitaran 1, 5 mtr.. Tipe ban atau pelek yang digunakan dalam ukuran standard. Kontur ban pun tidak sekasar ban SUV, karena mobil ini tidak direncanakan untuk medan susah, tetapi untuk jalan lembut di beberapa kota.

Baca juga: 10 Mobil SUV Terbaik

2. Kemampuan Mesin

Sebagai mobil sport, mobil SUV mempunyai kemampuan mesin yang lumayan besar, di atas 1500 cc. Ini ditujukan supaya mobil dapat melalui beragam medan seperti tanjakan, turunan, dan jalan yang curam. Pasti dengan tenaga yang semakin kuat bila dibanding MPV.


Dengan kemampuan sebesar itu, SUV dapat dipakai di pegunungan berperforma yang masih kuat. Mobil ini diperlengkapi dengan alat yang membuat mesin mobil jadi senyap saat dikemudikan.

3. Kemampuan dalam Mobil

Sebagai mobil sport, SUV mempunyai kemampuan interior yang lumayan luas. Dengan bagasi yang lumayan luas, mobil ini dapat memuat 6 sampai 8 penumpang dengan 2 baris tempat duduk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan Honda Mobilio yang Tidak Bisa Dipandang Sebelah Mata

Tips Memilih Suzuki Jimny Lawas